Monday , January 30 2023

Magang Gayeng di Biro Hukum

Sejak awal tahun 2022 Biro Hukum Setda Prov. Jateng telah me-launching program magang bagi mahasiswa dengan tagline Ayo SInau Ning Biro Hukum. Hal baru dari program ini adalah mahasiswa magang tidak hanya mendapatkan transfer of knowledge dari tugas dan fungsi yang diemban oleh Biro Hukum saja, akan tetapi diberikan kesempatan untuk terlibat secara langsung dalam merencanakan, melaksanakan bahkan dalam mengevaluasi tugas-tugas di Biro Hukum. Dengan demikian mahasiswa diharapkan mempunyai knowledge dan skill setelah mereka menyelesaikan masa magangnya dan Kembali ke dunia akademisi serta dapat mengimplementasikan apa saja yang diperoleh selama magang di Biro Hukum.

Selama kurang lebih tiga puluh hari, mahasiswa magang dilibatkan secara aktif dalam drafting Raperda, Rapergub dan naskah kerja sama pemerintah daerah serta melakukan kajian hukum termasuk dalam penginformasian produk hukum ke dalam web Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum. Tidak hanya itu saja, mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan rangkaian pembahasan Perda Bersama DPRD serta ikut serta dalam persidangan disaat Bagian Bantuan Hukum sedang melaksanakan pendampingan hukum atau kegiatan-kegiatan practical bidang hukum lainnya. Dengan demikian mahasiswa akan dapat menyandingkan antara teori dan konsep dengan praktik kerja sesungguhnya di  bidang hukum pemerintah daerah.

Diharapkan dari kegiatan Ayo Sinau Ning Biro Hukum tersebut, mahasiswa magang dapat memberikan edukasi hukum bagi kerabat, keluarga atau masyarakat luas agar tingkat pemahaman dan kepatuhan masyarakat atas hukum lebih meningkat.

Beberapa dokumentasi kegiatan Ayo Sinau Ning Biro Hukum sebagai berikut :

Mengikuti Program Magang Bersama Gubernur Jawa Tengah

 

Bersama Bapak Kepala Biro Hukum dan Dewan Saat Rapat Paripurna

                                  Mengikuti kegiatan sinergitas Perguruan Tinggi di FH Undip

                                                                       

Mengikuti Rapat Kegiatan di Biro Hukum               

 

Pengarahan dari Bapak Kepala Biro Hukum

 

Berlatih Kerja di Ruangan Kepala Biro Hukum

Check Also

PERDA JATENG DALAM SEBUAH KONSEP PERENCANAAN

Jakarta, 12 Juli 2022 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menyelenggarakan  Rapat Identifikasi dan Pemetaan …