Monday , January 30 2023

GEMPUR ROKOK ILEGAL: SINERGITAS TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI BIRO HUKUM SETDA PROVINSI JAWA TENGAH DAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PANCA SAKTI TEGAL

Kota Tegal (23 Maret 2022) Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai dengan tema “Industri Rokok Ilegal” yang diselenggarakan di Ruang Mata Kuliah Umum dan diikuti oleh 100 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal.

Acara ini terselenggara sebagai media sosialisasi dan penginformasian hukum khususnya ketentuan di bidang Cukai sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

Dibuka oleh Kepala Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah (Iwanuddin Iskandar, SH, M.Hum), dan juga sambutan dari rektor UPS (Dr. Taufiqulloh, M. Hum) didampingi Dekan Fakultas Hukum (Dr. Achmad Irwan Hamzani) peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sangat antusias. Bagaimana tidak, melalui kegiatan ini para Mahasiswa diajak untuk meningkatkan pemahaman hukum dan perannya sebagai agen perubahan serta keterlibatan dalam pemberantasan cukai ilegal di lingkungan Kampus, Keluarga, serta Masyarakat. Selain itu pemaparan oleh dua narasumber tersampaikan dengan sangat baik dan menarik keterlibatan

mahasiswa untuk berdiskusi bersama, tentang “Dampak Negatif Peredaran Rokok Ilegal” oleh Kasi Perijinan dan Fasilitas pada Kanwil Dirjen Bea dan Cukai Jawa Tengah dan DIY (Cahya Nugraha, SE, MM) dan tentang “Aspek Pidana Industri Rokok Ilegal” oleh Pembina Industri pada Bidang Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah (Dwi Fitriani, SPt., MM).

Menarik pada kesempatan dimaksud, Kepala Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin melakukan magang dan penelitian di Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah untuk menambah pengalaman bagi para mahasiswa dan terpilih 2 (dua) orang mahasiswa yaitu Sdr Tomi dan Sdri. Olivia.

Sosialisasi ini dilaksanakan sekaligus sebagai awal sinergi antara Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah dengan Universitas Pancasakti Tegal yang ditandai dengan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) secara simbolis dalam rangka dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui tagline “Ayo Sinau Ning Biro Hukum” serta pelayanan hukum kepada masyarakat.

Check Also

PERDA JATENG DALAM SEBUAH KONSEP PERENCANAAN

Jakarta, 12 Juli 2022 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menyelenggarakan  Rapat Identifikasi dan Pemetaan …