Monday , January 30 2023

DISEMINASI NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PENYELARASAN RANCANGAN PRODUK HUKUM DAERAH DI JAWA TENGAH

Semarang, 15 Oktober 2021 Biro Hukum bersama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi Acara Diseminasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Penyelarasan Rancangan Produk Hukum Daerah di Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja.

Dalam sambutannya kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bapak Haerudin, SH, MH) mewakili Gubernur Jawa Tengah menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia merupakan landasan bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan dan cita-cita luhurnya. Selain itu Pancasila dijadikan juga sebagai landasan sekaligus sumber hukum di Indonesia. Sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, maka Pancasila menjadi pijakan yang melandasi segala peraturan yang dibuat. Artinya, segala peraturan yang ada di Indonesia harus sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan tidak boleh bertolak belakang dengan Pancasila.

Dalam paparan yang Disampaikan Deputi Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP (Bapak Kemas Akhmad Tajuddin, SH, MH) tentang Upaya Mencemerlangkan Kembali Nilai-Nilai Pancasila bahwa Tujuan Produk Hukum yang berlandaskan Pancasila adalah untuk pengakuan kesederajatan manusia sebagai makhluk Tuhan, menjamin kebebasan dan penghormatan untuk beribadah bagi pemeluk agama/kepercayaan, berorientasi pada pengembangan sikap saling menghormati perbedaan/keragaman suku, agama, dan ras serta menjamin warga Negara Indonesia untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan penghidupan yang layak.

Harapannya , acara Diseminasi ini bisa memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai peran dan fungsi nilai-nilai Pancasila terhadap penyelarasan Rancangan Produk Hukum Daerah di Jawa Tengah.

Check Also

PERDA JATENG DALAM SEBUAH KONSEP PERENCANAAN

Jakarta, 12 Juli 2022 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menyelenggarakan  Rapat Identifikasi dan Pemetaan …