Monday , January 30 2023

AYO SINAU NANG BIRO HUKUM JATENG

 

Dalam upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa dan mempermudah akses pembelajaran bagi siswa/mahasiswa, Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah meluncurkan kegiatan yang bertajuk “Ayo Sinau Nang Biro Hukum Jateng”.

Ayo Sinau Nang Biro Hukum Jateng merupakan program pada Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mencerdasakan kehidupan bangsa melalui transfer ilmu dan edukasi bagi siswa/mahasiswa, sekaligus bagi yang berminat latihan kerja dalam berkarya/bekerja dengan metode :

  1. belajar bekerja secara langsung (pembekalan pengetahuan mengenai organisasi atau kelembagaan, mengikuti rapat-rapat dan pengadministrasian dokumen);
  2. pengenalan kepekaan lingkungan kerja (komunikasi bersama seluruh karyawan, kondisi tempat kerja sehingga akan tumbuh rasa empati terhadap lingkungan dimana kita berada, serta terbangun kemandirian dan kenyamanan bersama di lingkungan ajar mengajar dan di lingkungan kerja).

Para siswa/mahasiswa dalam kegiatan “Ayo Sinau Nang Biro Hukum Jateng” dapat menimba ilmu di Biro Hukum, antara lain :

  1. Bidang Peraturan Perundang-Undangan, yang mencakup teknik penyusunan peraturan perundang-undangan (legal drafting), analisis permasalahan dan pendapat hukum (legal opinion), pengarsipan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam kegiatan penyusunan dan sosialisasi peraturan perundang-undangan.
  1. Bidang Bantuan Hukum, mencakup Penangan Permasalahan Hukum/Gugatan di Pengadilan Negeri atau Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) untuk penyelamatan dan pengamanan aset, dan dapat mendukung Proyek Strategis Nasional, serta memberikan Bantuan Hukum bagi masyarakat yang tidak mampu), Litigasi yaitu Penyelesaian dengan jalur Pengadilan dan Non-Litigasi Penyelesaian di luar jalur Pengadilan, selain itu mempelajari tentang manajemen administrasi perkantoran.
  1. Bidang Pengawasan Produk Hukum Daerah Kabupaten/Kota, mencakup Pembinaan dan Pengawasan terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam melaksanakan peran Gubernur Jawa Tengah sebagai Wakil Pemerintah Pusat dan Daerah melalui kegiatan Evaluasi  terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota dan kegiatan Fasilitasi terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota selain yang di evaluasi dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah sebagai upaya agar Produk Hukum Daerah Kabupaten/Kota yang dihasilkan tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan Peraturan Perundang-undangan lainnya, dan agar ada sinergitas kebijakan antara Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten\Kota, sehingga tidak ada tumpang tindih aturan.

Kegiatan Ayo Sinau Nang Biro Hukum Jateng dilaksanakan dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan yang ketat selama Pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Bagaimana prosedur pendaftaran Ayo Sinau Nang Biro Hukum Jateng?

  1. Menyampaikan Surat Permohonan Magang (sinau nang Biro Hukum Jateng) dengan melampiri persyaratan:
  • Siswa/Mahasiswa D3/D4/S1/S2, Minimal semester 5 (D3) dan semester 6 (D4/S1)
  • Sehat jasmani dan rohani,
  • Surat keterangan dari sekolah/fakultas;
  • Foto Kopi KTP
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa
  • Data Diri
  • Proyeksi Yang Ingin dicapai/minat
  1. Menyampaikan surat kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, cq. Kepala Biro Organisasi SETDA Provinsi Jawa Tengah,  Gedung A, Lantai IX, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan No.9 Semarang

Contact Person : Biro Organisasi SETDA Provinsi Jawa Tengah, Telp: (024) 8311174 Pesawat 379 atau Ibu Ninik Luksitawati, S.E. (No. HP/WA: 0851-0124-7273).

3. Menunggu konfirmasi dan penjadwalan magang.

Ayo Sinau Nang Biro Hukum on Instagram http://bit.ly/Ayo-Sinau-Nang-Biro-Hukum-SETDA-Provinsi-Jawa-Tengah

Check Also

PERDA JATENG DALAM SEBUAH KONSEP PERENCANAAN

Jakarta, 12 Juli 2022 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menyelenggarakan  Rapat Identifikasi dan Pemetaan …